Pantai Goa China : Antara Keindahan Alam Dan Misteri

Pantai Goa China - Setelah sebelumnya di artikel traveling dan kuliner ini membahas tentang tempat kuliner favorit di kota Malang, maka saat ini kita akan membahas tentang keindahan alam pantai Goa China. Kota Malang memang terkenal dengan destinasi wisata yang bermacam-macam dan menarik untuk di datangi. Terlebih lagi untuk wisata pantai yang berada di kota Malang ini, tentu saja banyak sekali yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang terkenal dengan kisah misteri dan keindahan alamnya adalah di pantai ini.


pantai goa china

Pantai yang bertaburan warna biru yang indah dan dibalut dengan pemandangan pulau-pulau kecil yang terdampar di sekitar pantai ini akan membuatmu ingin berada disini. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati, ternyata ada kisah sejarah yang pernah terjadi disini yang menjadikan pantai ini menjadi terkenal. 

Sejarah pantai goa china


kisah sejarah pantai goa china

Sebenarnya nama pantai ini sebelumnya bernama pantai Rowo Indah, namun setelah ada kejadian tewasnya seorang pertapa cina yang bernama Hing Hook, menjadikan pantai tersebut lebih populer dengan nama pantai Goa China. Kisah tersebut berawal dari seorang pertapa yang terdampar di sebuah pantai yang sangat sepi.

lalu kemudian pertapa tersebut menemukan sebuah goa yang lumayan besar untuk di diami dan dijadikan tempat pertapaannya. Hingga berjalannya waktu hing hook tersebut meninggal di tempat di goa tersebut. Sampai pada saat masyarakat sekitar menemukan jasadnya di goa tersebut sudah berupa tulang belulang.

Tidak ada catatan yang resmi untuk menjelaskan tahun berapa kisah tersebut terjadi, namun warga sekitar sangat meyakini penemuan jasad pertapa tersebut sekitar 20 tahun silam. Dari penemuan tragedi tersebut itulah yang menjadikan nama pantai Rowo Indah lebih populer dengan nama pantai Goa China.

Kondisi goa tersebut sebenarnya tidak begitu menarik, bentuk goa tersebut hanyalah berupa rongga yang menjorok kedalam sekitar 8 meter dan mempunyai ketinggian sekitar 2 meter. Sehingga bila Anda berada disana sangat mudah sekali memasuki goa tersebut.

Rute jalan dan harga tiket 


Lokasi pantai ini berada di sebuah pesisir selatan yang letaknya di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing  Wetan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.Kalau Anda dari Pantai Bajulmati, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju ke pantai Goa China ini. Karena jarak antara pantai Bajulmati dengan pantai ini hanyalah sekitar 7 km. Sebelum Anda  memasuki Pantai ini, maka akan melewati sebuah jembatan yang bernama Jembatan Bajulmati, Yang lokasinya berada di atas muara laut tersebut.

Namun sayang, akses menuju Pantai Goa China agak sulit, karena sekitar 500 meter jalan menuju pantai tersebut rusak parah. Sebenarnya jalan menuju lokasi cukuplah lebar, tetapi karena jalan tersebut berupa tanah yang tidak rata. Terlebih lagi bila Anda menuju lokasi tersebut sesudah hujan maka jalannya cukup lembek dan licin.

Akan tetapi, sulitnya medan menuju lokasi tersebut tidak sebanding dengan keindahan panorama alam yang ada di Pantai Goa China. Harga Tiket masuk Pantai sekitar Rp 5.000 dan parkir untuk kendaraan sekitar Rp 10.000. Dengan harga tiket masuk dan biaya parkir kendaraan tersebut, tentunya juga tidak sebanding dengan kenikmatan menikmati keindahan pantai Goa China ini.

Keindahan pantai goa china


keindahan pantai goa china

Pantai ini sebenarnya tidak terlalu luas, tetapi keberadaan pantai tersebut di tengah-tengan antara ketiga pulau yang menjadikan pantai ini indah untuk dinikmati.Ketiga pulau kecil tersebut adalah pulau Bantengan, Pulau Goa China ( yang didalamnya terdapat Goa), dan Pulau nyonya. Dengan warna air pantai yang kebiru-biruan dan hijaunya warna ketiga pulau tersebut, menjadikan pantai ini lebih indah dilihat.

Pesona keindahan sunrise di pantai selatan kota Malang ini, memang sangat menarik dan indah untuk dipandang. Walaupun munculnya matahari tidak berada tepat di garis laut, tetapi keindahannya masih sangat menawan. Saat Fajar tiba tampak cahaya berwarna oranye kemerah-merahan menghiasi warna birunya langit dan air pantai. Jadi akan sangat menarik sekali bila Anda bisa menikmati suasana sunrise di pantai tersebut.


Demikianlah keindahan pantai Goa China yang layak untuk Anda datangi. Siapkan rencana liburan Anda untuk menyempatkan menikmati indahnya suasana pantai ini. Simak juga beberapa tempat wisata camping di kota malang yang dapat Anda dapatkan di artikel lainnya disini. Semoga informasi pantai ini dapat menambah wawasan Anda untuk melihat keindahan-keindahan alam yang ada di kota Malang.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

0 Response to "Pantai Goa China : Antara Keindahan Alam Dan Misteri"

Post a Comment